Untuk mengetahui lebih jauh tentang Idik Saeful Bahri, bisa diikuti melalui portal utama : http://idikms.blogspot.com

Sunday, March 22, 2020

TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR IDIK SAEFUL BAHRI

Nama lengkap saya adalah Idik Saeful Bahri, S.H., M.H., seorang laki-laki yang lahir di kabupaten Kuningan, pada tanggal 13 Februari 1994 M. Tanggal lahir ini merupakan tanggal lahir yang tertera di akta kelahiran dan ijazah sekolah. Adapun tanggal lahir asli nya adalah 5 Maret 1994 M. atau 22 Ramadhan 1414 H.

Ada kisah menarik dalam penentuan tanggal lahir di ijazah sekolah ini. Pada waktu saya kecil dulu, belum begitu wajib pembuatan akta. Ketika bapak saya mau mendaftarkan saya ke sekolah dasar, rupa-rupa nya bapak saya lupa tanggal lahir saya. Ketika di tanya oleh guru, "Pak haji, Idik lahir tanggal berapa?", bapak saya bingung, karena catatan tanggal lahir saya sepertinya hilang. Ketika di cek di buku keluarga, yang ada justru tanggal lahir kakak kedua saya yakni 12 Februari. Karena sudah mentok di akhir waktu pendaftaran, maka bapak saya menambahkan satu hari dari tanggal lahir kakak saya itu, menjadi 13 Februari. Adapun tahunnya mengikuti tahun lahir teman-teman seangkatan saya yang lain. Tanggal lahir asli yaitu 5 Maret 1994 saya peroleh dari penuturan ibu saya dan kakak perempuan saya di kemudian hari ketika saya sudah masuk sekolah.

Dalam banyak tulisan biasanya saya menggunakan inisial "idikms" sebagai identitas. Nama ini merupakan nama pena saya. Perlu saya buka rahasia terpenting saya tentang nama pena "idikms" ini. Jadi sebenarnya ketika saya lahir, orang tua saya hanya memberikan nama "Idik Saiful" saja. Kemudian ketika masuk sekolah dasar, entah kenapa ditambahkan oleh guru saya (yang juga tetangga saya sendiri) yaitu Bapak Guru Dudung dengan tambahan nama "Bahri", dan ini disetujui bapak saya. Jadilah nama di ijazah saya "Idik Saeful Bahri". Padahal ketika saya kecil, saya mengidamkan memiliki nama "Idik Muhammad Saiful", saya pernah bilang ke bapak saya dan beliau setuju. Namun saya belum sempat mengurus penggantian nama di SD hingga akhirnya lulus dengan nama di ijazah masih tetap sama yakni "Idik Saeful Bahri". Nama "Idik Muhammad Saiful" ini saya gunakan di sekolah agama al-Idrus Lengkong. Karena di jenjang lembaga formal dari SD sampai Perguruan Tinggi sudah terlanjur menggunakan nama "Idik Saeful Bahri", maka saya mengenang nama idaman saya "Idik Muhammad Saiful" dengan nama pena "idikms".

Tidak ada satupun teman saya yang tahu kepanjangan "ms" dalam nama pena tersebut hingga tulisan ini saya buat. Teman-teman lama saya sering menerjemahkan bahwa "ms" itu singkatan dari "Mastery Sabre", "Master of System", atau "Meter per Sekon" karena saya pernah menjadi ketua organisasi Fisika. Cerita sebenarnya adalah "ms" itu singkatan dari "Muhammad Saiful".

No comments:

Post a Comment