Untuk mengetahui lebih jauh tentang Idik Saeful Bahri, bisa diikuti melalui portal utama : http://idikms.blogspot.com

Sunday, March 22, 2020

SANAD KEILMUAN AGAMA IDIK SAEFUL BAHRI

Dalam mempelajari agama Islam, perlu adanya sanad yang bersambung hingga kepada Rasulullah Saw. Oleh karena itu, saya akan mencoba menguraikan sanad keilmuan saya dalam menuntut ilmu di bidang agama. Guru pertama saya di bidang agama tentu saja adalah kedua orang tua saya. Kemudian saya juga sempat mengaji di Kiai Dading hampir 4 tahun. Kemudian pindah ke Kiai Dedi musholla al-Anwar, kemudian lanjut lagi ke KH. Rohmat (menantu dari KH. Harun al-Rasyid, pendiri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Lengkong). Setelah itu saya pindah lagi ke Kiai Toto di Mushola asy-Syifa selama 2 tahun. Dalam hal agama, saya juga belajar banyak di Sekolah Agama al-Idrus selama 8 tahun. Dan tentunya saya juga banyak belajar kepada kakak kedua saya, Kiai Iyus Rusliana yang merupakan santri dari Hadratus Syaikh KH. Maimoen Zubair.

Dari KH. Maimoen Zubair ini saya coba uraikan sanad ilmu nya bersambung kepada Nabi :
KH. Maimoen Zubair dari Sayyid Alawi bin Abbas dari Sayyid Abbas dari Muhammad Abid dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dari Syekh Utsman ad-Dimyati dari Almair dari Assaqath dari al-Zarqoni dari Abdul Baqi dari Ajhuri dari Muhammad dari Syekh Zakaria al-Anshori dari al-Hafidz Imam Hajar al-Asqonali dari Najmudin dari Muhammad dari Muhammad dari Abdul Aziz dari Ismail dari Muhammad dari Sulaiman dari Yunus dari Abi Isa Yahya dari Ubaidillah dari Yahya dari Imam Malik dari Nafi' dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah Saw.


No comments:

Post a Comment